Wisata Ziarah | Pariwisata Purwakarta

Situ Wanayasa 1910-32
Tokoh Islam yang mewarnai sejarah Purwakarta, dapat ditelusuri melalui tempat ziarah, yaitu:

1. Makam RA. Suriawinata

Makam pendiri kota Purwakarta, yaitu R. Aria Suriawinata yang meninggal tahun 1827, beliau Bupati Karawang yang ke-9, letaknya di tengah-tengan Situ Wanayasa, 25 km dari Kota Purwakarta.

2. Makam Keramat Baing Yusuf

Terletak di belakang Mesjid Agung Purwakarta, yang meninggal pada tahun 1856. beliau seorang tokoh agama Islam yang disegani sehingga banyak yang melakukan ziarah ke makamnya.
Bagi para peziarah yang ingin mengunjungi makam ini, akses masuk sudah dibuat dengan sangat mudah karena berada di kompleks pemakaman umum. Pada bagian sisi utara, kompleks ini dilengkapi dengan bangunan cungkup permanen berukuran 12 x 20 m. Atap bangunan berbentuk limas memanjang timur-barat. Di dalam cungkup terdapat Jirat makam Syekh Muhammad Yusup berukuran 1,60 X 2,50 m, peziarah dapat langsung mengetahui makam karena nisan bergaya Aceh, berbentuk gada dengan penampang lintang segi delapan.Lokasi: Jl. Gandanagara, Kampun g Kaum, Desa Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. http://disparbud.jabarprov.go.id

3. Makam Keramat Sempur

Makam keramat Sempur adalah Makam Mama Sempur, seorang tokoh agama Islam yang disegani dan terkemuka, sehingga sekarang banyak pengunjung berziarah ke makam tersebut. Letaknya di Sempur-Plered, 14 km dari kota Purwakarta.***.
_____________________
http://purwakartakab.go.id
http://disparbud.jabarprov.go.id
Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar