[SEJARAH] RANCADARAH PURWAKARTA

Rancadara Purwakarta
Ranca Darah adalah nama suatu tempat yang terletak antara Purwakarta dan Wanayasa. Ranca kalau di terjemahkan ke dalam bahasa indonesai artinya adalah rawa. Ranca Darah berarti Rawa Darah. Mengapa daerah tersebut dinamakan Ranca Darah.

Dahulu ketika jaman penjajah belanda Wanayasa adalah sebuah kota Kerisidenan belanda. Belanda dalam hal ini VOC sekitar tahun 1710 menjadikan Wanayasa daerah pusat perkebunan teh. Luas perkebunan teh milik VOC ini hampir meliputi seluruh wilayah Wanayasa. Diipimpin oleh pengurus kebun teh belanda yaitu Sheper Leau. Teh wwanayasa ini terkenal dengan nama teh jawa.

Pekerja perkebunan teh kebanyakan adalah orang Tionghoa yang berasal dari Makao. Pekerja asal Tionghoa ini bermukim dibawah kaki gunung Burangrang yang sekarang dikenal dengan nama Pasir Cina. Yang namanya penjajah yang dipikirkan hanya keuntungan saja. Sehingga pekerja-pekerja kebun teh dari Tioghoa tadi tidak pendapatkan upah atau bahkan tidak dibayar.Banyak potongan-potongan yang diterima.

Akhirnya setelah sekian lama mengalami penderitaan dari VOC para pekerja kebun teh mulai mengadakan perlawanan. Pengurus kebun teh Sheper Leau dibunuh. Terjadi kerusuhan besar-besaran di Wanayasa. Selain di Wanayasa terjadi kerusuhan juga di Purwakarta.

Akhirnya para pekerja asal Tionghoa itu beramai-ramai menuju Prurwakarta dengan tujuan mengalahkan Belanda. Ditenga perjalanan rombonga-rombongan pekerja kebun teh itu bertemu dengan pasukan VOC dari Purwakarta yang bermaksud meredam kerusuhan di Wanayasa.

Terjadilah pertempuran hebat antara pekerja kebun teh yang berasal dari Tionhoa tadi dengan pasukan belanda. Akibat pertempuran jarak dekat tersebut banyak korban yang berjatuhan. Darah berceceran dimana-mana. Hingga menyerupai seperti rawa-rawa.

Semenjak itu daerah ini disebut Rancadarah alias Rawadarah

Legenda Ranca Darah [www.ripiu.com] Bahasa Indonesia
Sumber asli dari basa sunda  (BUDI RAHAYU TAMSYAH) 
ASAL-USUL RANCADARAH

6 komentar:

  1. wah rawa darah,serem juga ya sob sejarah masa lalulunya,
    #galisejarah terus selain untuk mengingatkan generasi mendatang,orang luar juga jadi tahu asal muasal kejadiannya

    #oh ya thnk silaturahminya..kembali salam

    BalasHapus
  2. nama tempatnya ngeri ya...rawadarah...

    sejuk bgt kayaknya tuh tempatnya...

    BalasHapus
  3. @Wisata Murah, iya emg serem tapi itulah sejarah susah senang hrs diteriman dan jadi pelajaran untukkedepan agar lebih baik :)

    @langit, iya emg sejuk disana pa lagi klo diwanayasa asiklah buat liburan jalan2 :D
    saya aja betah

    BalasHapus
  4. suka ngeri juga sih klo lewat situ

    BalasHapus
  5. tempat ngarit dulu daerah ranca darah, tahun 80 an. di Darmo

    BalasHapus
  6. KARAWANG PUNYA TOKOH KHARISMATIK .. GODFATHER OF INTELLIGENT.. MAS ODING SOETADIPOERA, DIALAH TOKOH DIBALIK BEGUNDAL KARAWANG, DIALAH TOKOH DIBALIK ACHMAD SOEBARJO, DIALAH TOKOH DIBALIK DRAMA SKENARIO PENCULIKAN SUKARNO-HATTA YANG BERTUJUAN AGAR PROKLAMASI DIBACAKAN TANGGAL 17-AGUSTUS-1945,, BANYAK YANG MEMPERTANYAKAN BEKERJA UNTUK SIAPAKAH GOLONGAN MUDA DAN GOLONGAN BAWAH TANAH???? MAS ODING SUTADIPURA NAMANYA HILANG DITELAN MAJUNYA TEKHNOLOGI,, IKHLAS TANPA PAMRIH SEHINGGA NAMANYA TIDAK AKAN PERNAH MENGHIASI LEMBARAN SEJARAH, AGAKNYA SEJARAWAN MELEWATKAN TOKOH KARAWANG YANG SATU INI, MAS ODING SOETADIPOERA ADALAH SATU-SATUNYA TOKOH KARAWANG YANG PALING BERPENGALAMAN BEKERJA SEBAGAI PANGREH PRAJA DI PEMERINTAHAN BELANDA, PERNAH MENJABAT WEDANA MEESTER CORNELIS,WEDANA WELTERVERDEN,ADJUNTHOOFDJAKSA CHIREBON DAN TERAKHIR DI TOKUBETSU SI PEMERINTAHAN MILITER PADA WAKTU ZAMAN JEPANG SEBAGAI WEDANA JAKARTA 1942,, DIALAH PANGREH PRAJA YANG PALING DISEGANI DARI YANG LAIN, DIA PULALAH YANG PALING MENGETAHUI KONDISI BATAVIA PADA ZAMAN ITU... SATU SATUNYA TOKOH KARAWANG YANG TIDAK INGIN JASANYA DIKENANG... WAFAT 1970

    BalasHapus