Objek Wisata Wanayasa & Sekitarnya

objek wisata alam cilbukan
wanayasa purwakarta
Wanayasa sebagai objek wisata karena berlokasikan dikaki Gunung Burangrang yang mana enaklah dinikmati khususnya para penikmat wisata alam. Wanayasa memiliki tempat wisata seperti Situ Wanayasa, Curug Cipurut, dan Kolam Renang Cibulakan yang mana airnya langsung dari sumber mata air dan jernih pastinya. Kalou Wisata yang ada disekitar Wanayasa adalah cipanas sumber air panas, kolam renang di Bojong.

Situ Wanayasa
Situ Wanayasa terletak di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, sekitar 23 km dari Kota Purwakarta atau 83 km dari Bandung. Situ Wanayasa, merupakan sebuah danau (situ) dengan luas sekitar 7 hektar, dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau, air danaunya bersih dan alami. Memiliki ketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut dengan temperatur udara rata-rata berkisar antara 17 sampai dengan 20 derajat Celsius.yang tampak gambar di atas adalah sebuah bukit kecil yang di tumbuhi oleh pohon pinus, dan bukit ini terletak di tengah tengah situ wanayasa.

Prasarana yang sudah tersedia, listrik, telepon dan kendaraan umum. Untuk meningkatkan akses dan kenyamanan bagi pengunjung, jalan menuju Situ Wanayasa telah dihotmix, penataan Gedung Kewedanaan menjadi sarana aktifitas kebudayaaan dan pembangunan sarana wisata berupa Guest House. Pada tahun 2007 Badan Pariwisata Kabupaten Purwakarta telah melakukan upaya penataan kawasan Situ Wanayasa, antara lain pembuatan gazebo, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk tempat beristirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Wanayasa, selain itu pula telah dibuat juga jembatan semi permanen yang menghubungkan dari sisi ke pulau kecil yang terletak ditengah situ, sehingga kini pulau kecil yang berada ditengah situ dapat dicapai pengunjung dengan mudah, dimana dalam tahun yang sama telah dilakukan pula penataan taman ditengah Situ tersebut, antara lain penyediaan beberapa tempat duduk yang dapat dipakai pengunjung untuk bersantai. Untuk sarana wisata air yang ada pada saat ini ( 7 unit sepeda air) belum dapat dioperasikan, pada saat ini sedang disusun regulasi/juknis untuk pengoperasian dan pengamanan sarana wisata air tersebut.

Situ Wanayasa merupakan kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, karena secara geografis pariwisata, terletak di antara Tangkuban Parahu, Ciater dan danau Jatiluhur

Situ Wanayasa by
[www.wisatanesia.com]

Curug Cipurut
Terletak di kaki Gunung Burangrang, Curug Cipurut menghadirkan pemandangan alam yang sangat indah. Barisan pohon pinus yang menjulang tinggi di punggung Gunung Burangrang, serta hamparan sawah dan kebun teh yang menghijau membuat rasa lelah para pengunjung seakan sirna dengan melihat keindahan alam menuju Curug Cipurut. Udara dingin, air yang bersih sedingin es menambah keelokan disekitar lokasi wisata air ini. Tak heran, semakin hari semakin bertambah para pengunjung yang berwisata ke Curug Cipurut ini. Terlebih jika hari libur sekolah atau hari – hari libur lainnya banyak wisatawan yang tak hanya sekedar berkunjung tapi juga berkemah disekitar air terjun.

[curug cipurut] Selengkapnya!
[http://lovanieea.blogspot.com]

Cibulakan (Kolam Renang Mata Air)
Cibulakan adalah nama tempat wisata air yang ada di Wanayasa yang bisa dikunjungi. Sebuah kolam renang dengan sumber airnya dari Mata Air yang berada di lantai kolam. Karena itu, tak heran jika lantai kolam tidak di tembok seperti kolam renang umumnya, tetapi beralaskan batu – batuan alami yang berada di dasar kolam.
Pada zaman penjajahan Belanda, kolam ini merupakan tempat pemandian bagi para tentara kompeni Belanda yang menduduki Wanayasa.

Kolam berukuran cukup luas ini berada di Timur Wanayasa, tepatnya diseberang jalan SLTP Negeri I Wanayasa. Dikelilingi oleh sawah dan kebun, dan tidak jauh dari perumahan penduduk.

[Cibulakan] Selengkapnya!
[lovanieea.blogspot.com]

Wisata di Sekitar Wanayasa

Mata Air Panas
Cipanas orang bilang karena ada sumber mata air panas disana, letak tempat di ciracas. Tempatnya belum meyakinkan atau enak buat mandi karena dibuka untuk umum dan wajar saja karena untuk mandi disitu kita tidaklah perlu bayar jadi nih bisa di bilang wisata gratis yah modal ongkos kesitu aja kali. Sumber mata air panas sekarang ada 2 tempat disitu yang pertama dibikin bak kecil untuk berendam dan yang kedua itu bersebelahan dengan musolah dan mandinya kita pake gayung alias di siukan kata orang sunda mah, yah emang bagi yang tidak terbiasa mungkin ini masuk kategori wisata extrimmm wkakka tapi yah gak lah yah sudah mungkin saja klo lagi iseng mau kesana yah cobalah!

Kolam Renang & Wisata Bojong
Kolam renang buatan tapi yah cocoklah buat ngehibur anak-anak. Lokasi terletak di kecamatan Bojong dekata lapangan bola.

Silahkan selengkanya! klik [kolam renang  dibojong]
[kafein4u.wordpress.com]

gambar cibulakan
@http://lovanieea.blogspot.com

9 komentar:

  1. harus maen ke sini nih klo pulkam :)

    BalasHapus
  2. emang lagi dmn gitu ? ko pake aja pulkam dan kapungnya dmn lagi :D hehe [bnyk tanya]

    BalasHapus
  3. @admin,

    ada penginapannya ga disini disitu wanayasa?

    BalasHapus
  4. di alam hijou kali yah :D tapi berupa villa

    BalasHapus
  5. Tambahkan postingan blognya dengan tema "kuliner Wanayasa" he..

    BalasHapus
  6. boleh juga tuh idenya

    BalasHapus
  7. Besok libur lebaran teman2 kerja ane pada mo kemping ke Purwakarta, katanya ke gunung Cijalu.
    Betul ya, ada gunnung yg nm nya Cijalu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunung cijalu gak ada gan tapi klo cijalu itu curug alias air terjun kebetulan lokasinya msh sekitar wanayasa tapi sebenarnya lokasi tersebut perbatasan bandung barat dan subang..
      tapi asik ko buat kemping banyak yang suka kesana sejuk banget dan nuansa alamnya masih seger..

      Hapus
    2. tiket masuk ke curug cipurut itu berapa ya min?

      Hapus